Pahami Perbedaan Dari SEO dan SEM Dalam Dunia Digital

magictouchdm.com – Dalam dunia digital marketing atau dalam dunia digital sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO dan SEM. Namun bagi kalian yang masih pemula dan baru belajar terkait dengan dunia digital tentunya istilah ini sangat awam. Keduanya hampir memiliki fungsi yang sama namun tidak bisa digunakan secara bersamaan. Saat seseorang menggunakan istilah SEO, maka mereka takkan menggunakan istilah SEM. Untuk itu anda sebagai pemula terutama para blogger harus memahami kedua istilah penting tersebut.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimizations yang merupakan sebuah optimasi terhadap website dan juga yang ada di dalamnya. Tujuan menggunakan SEO untuk sebuah website atau blog tentunya bertujuan untuk meningkatkan peringkat atau kualitas dalam penepusuran di mesin Google. Dengan begitu saat artikel memiliki kata kunci “tips membuat blog”, maka hasil dari penelusuran akan muncul di halaman pertama dan berharap para pencari membaca artikel tersebut. Hal tersebut karena konten artikel tersebut yang sebelumnya sudah teroptimasi melalui SEO.

Baca juga : Ingin Belajar Digital Marketing? Berikut Langkah Mudah Memulainya

Namun harus anda ketahui bahwa SEO tersebyt merupakan sebuah bagian komponen dari SEM. Untuk aturan dalam SEO tersebut memang memiliki perubahan secara berkala. Namun ada beberapa aspek dalam SEO yang tidak memiliki perubahan atau konsisten yakni On Page SEO dan Off Page SEO.

  • On Page SEO
  • Pembuat konten memasukkan target keyword secara alami dari beberapa bagian yakni di dalam judul artikel, heading, tag, meta description dan beberapa bagian lainnya.
  • Membuat format URL page anda secara rapi.
  • Meningkatkan kecepatan halaman website agar mudah di akses.
  • Menyinkronkan konten anda dengan berbagai media social yang anda miliki.
  • Off Page SEO
  • Memasukkan backlink yang bagus dengan penempatan yang natural dan teratur.
  • Menerapkan Local SEO.

Pengertian SEM (Search Engine Marketing)

Dengan melihat dari kepanjangan SEM yakni Search Engine Marketing, yang dimana SEM ini merupakan sebuah bentuk pemasaran yang ada di Internet. Pemasaran tersebut yang dilakukan dengan kegiatan promosi website dengan cara mengembangkan kualitas visibilitas website. Sebenarnya SEM ini yang sama sama meningkatkan penulusuran di mesin Google. Namun untuk SEM ini lebih detail yang menggunakan penulusuran berbayar. Contohnya seperti daftar bayar per klik dan juga iklan seperti Google Ads.

Sebenarnya SEO dan SEM ini memiliki peran yang sama, namun jangkauan dari keduanya memiliki kapasitas yang berbeda. SEO memiliki peran untuk meningkatkan jumlah pengunjung dari website dan membuat konten atau web tersebut muncul di peringkat tertinggi halaman pertama. Sementara itu SEM memiliki peran yang lebih besar jangkauannya sebagai pemasaran pada internet. Hal ini SEM akan membantu SEO untuk meningkatkan kualitas konten dan website.