Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Eksplanasi

magictouchdm.com – Mendengar kata teks ekplanasi mungkin masih sedikit asing karena notabennya istilah tersebut jarang digunakan sehari-hari. Namun demikian, dalam aplikasinya seringkali kita secara tidak sadar bawa sedang membuat teks eksplanasi. Nah, sebagai tambahan ilmu berikut kami ulasan terkait pengertian, struktur dan contoh teks eksplanasi secara lengkap.

Apa Itu Teks Eksplanasi?

Teks eksplanasi merupakan sebuah rangkaian kalimat yang berisi penjelasan tentang terjadinya suatu peristiwa. Dalam teks eksplanasi ini fenomena tersebut dijabarkan secara lengkap dan runtut mulai dari mengapa hingga bagaimana sebuah peristiwa tersebut dapat terjadi. Peristiwa tersebut bisa berupa peristiwa alam, ilmiah, sosial hingga budaya.

Teks eksplanasi ini berisi sekumpulan fakta atas peristiwa tertentu. Jadi, dalam pembuatannya tidak ada opini sama sekali dari penulis. Teks ini tidak bersifat persuasif melainkan informatif.

Struktur Teks Eksplanasi

Secara garis besar, struktur penulisan teks eksplanasi mencakup tiga hal yaitu pernyataan umum, deretan penjelasan dan interpretasi. Pernyataan umum ini berisi penjelasan singkat atau gambaran umum terkait sebuah peristiwa. Pada bagian kedua (penjelasan) akan dijabarkan terkait sebab akibat peristiwa tersebut. Sedangkan pada interpretasi berisi kesimpulan (intisari) sebuah fenomena. Interpretasi ini sifatnya seperti kalimat penutup sehingga tidak harus ada.

Contoh Teks Eksplanasi

Pada contoh teks eksplanasi kali ini akan kami bahas tentang sebuah peristiwa unik bernama El Nino. Peristiwa yang terjadi di wilayah Samudera Pasifik ini berpengaruh pada kondisi iklim secara global.

Pernyataan Umum

El Nino merupakan sebuah fenomena anomali suhu di wilayah Samudra Pasifik Tengah dan Timur dimana suhunya mengalami kenaikan secara ekstrem. Hal ini memicu terjadinya kemarau panjang. El Nino biasanya terjadi pada bulan November dan Desember dan intervalnya terjadi setiap 2-7 tahun.

Penjelasan (Sebab-Akibat)

El Nino terjadi disebabkan oleh melemahnya angin pasat timur dalam sirkulasi Walker di wilayah Samudera Pasifik. Lemahnya angin tersebut membuat perairan di Pasifik Timur tidak dapat melakukan upwelling dengan normal seperti biasanya. Hal ini memicu terjadinya pergerakan air hangat di permukaan Samudera Pasifik Tengah ke arah Timur sehingga kolam air hangat semakin melebar dan suhu udara di sekitarnya tinggi.

Baca juga : Berapakah Kira-kira Biaya Menggunakan Jasa SEO?

Terjadinya El Nino ini membuat curah hujan di sekitar Samudera Pasifik Timur tinggi. Namun, di sisi lain yaitu Samudera Pasifik Barat termasuk Indonesia mengalami kekeringan.  El Nino ini bisa berlangsung selama 6-7 bulan.

Interpretasi

Pada dasarnya, El Nino ini termasuk fenomena yang alam yang jarang terjadi. Namun sekalinya terjadi akan memengaruhi iklim secara global dan menyebabkan kekeringan di Indonesia dan Australia. Sedangkan di wilayah Peru  curah hujannya meningkat.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat terkait definisi dan satu contoh teks eksplanasi yang bisa dijadikan sebagai acuan. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.dosenpendidikan.com/